Berita



Home / Aku tahu / Journalis Remaja
Seputar Menstruasi: Mitos atau Fakta?

Selasa,23 Agustus 2016 oleh Jati Setya


 
Banyak arus informasi berkaitan dengan menstruasi yang beredar luas dalam masyarakat kita. Bahkan dikonsumsi secara turun temurun. Sayangnya, banyak yang lantas menelan informasi tersebut secara mentah tanpa perlu mencari dasar pembenarannya. Beberapa hal di bawah adalah beberapa di antaranya, apakah kamu juga menemuinya? Mitoskah? Atau fakta?
 

 

1.      Pantang Minum Es

 

Banyak yang mengatakan bahwa jika saat perempuan sedang haid maka es menjadi pantangan. Disebutkan bahwa es adalah pemicu kista karena terjadi pembekuan darah, membuat tambah nyeri, dan sebagainya. Lalu benarkah itu? Mari kita simak penjelasaan dari sisi medisnya berikut ini.
Minum minuman dingin (es) saat menstruasi bukanlah penyebab nyeri haid maupun kista. Sebuah salah pandang masyarakat yang sayangnya hingga kini banyak dianut. Hanya saja, hal yang perlu diperhatikan adalah jika meminum minuman dingin terlalu banyak akan mengakibatkan efek rasa penuh atau kembung pada perut sehingga membuat perut terasa lebih tidak nyaman. Nah, penyebab nyeri saat haid sendiri adalah karena kontraksi rahim akibat dari hormon di dalam tubuh. Lalu bagaimana dengan kista? Banyak hal bisa mengakibatkan kista, diantaranya gangguan hormonal, genetik atau keturunan, dll.
 

 

2.      Pantang Potong Kuku dan Rambut

 

Secara medis hal ini tidak ditemukan alasan khusus yang mendasarinya dan memang tidak ada larangannya. Mitos ini berkembang secara subur dalam wacana masyarakat awam. Jika di tinjau dari segi agama pun juga tidak ada dalil yang melarangnya. Memotong kuku maupun rambut saat haid diperbolehkan.
 

 

3.      Pantang Keramas

 

Kembali lagi ini adalah mitos masyarakat yang hingga kini banyak dipercaya. Jika kembali kita tinjau secara medis pun hal ini tidak terdapat alasan yang membenarkannya. Keramas menjadi salah satu kegiatan rutin untuk menjaga kebersihan diri. Haid bukan alasan untuk tidak melakukannya. Bisa dibayangkan jika masa haid satu minggu lebih lalu tidak sekali pun keramas?
 

 

4.      Minuman Bersoda Mempercepat Menstruasi

 

Belum ada penelitian khusus yang menyebutkan adanya hubungan antara minuman bersoda dengan percepatan masa menstruasi. Hanya saja bahwa soda memberikan efek segar, namun tentu penggunaan dalam jangka lama tidak baik untuk kesehatan. Cepat lambat siklus menstruasi sendiri lebih banyak dipengaruhi faktor hormonal pun psikologisnya.
 







Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja