Berita



Home / Aku tahu / Reportase
Apa sih Dorongan Seksual

Selasa,07 Februari 2017 oleh Dunia Remaja


Sobat Remaja tau gak sih apa itu Dorongan seksual? nah sebelum membahas tentang dorongan seksual sobat remaja harus tau tentang apa itu seks dan seksualitas karena keduanya berkaitan dengan dorongan seksual. Secara ilmiah Seks bisa diartikan sebagai perbedaan badani atau biologis perempuan dan laki-laki, yang sering juga disebut jenis kelamin. Sedangkan seksualitas menyangkut berbagai dimensi yang sangat luas, yaitu dimensi biologis, sosial, psikologis, dan kultural.

  • Seksualitas dari dimensi biologis berkaitan dengan organ reproduksi dan alat kelamin, termasuk bagaimana menjaga kesehatan dan memfungsikan secara optimal organ reproduksi dan dorongan seksual.
  • Seksualitas dari dimensi psikologis erat kaitannya dengan bagaimana menjalankan fungsi sebagai makhluk seksual, identitas peran atau jenis, serta bagaimana dinamika aspek-aspek psikologis (kognisi, emosi, motivasi, perilaku) terhadap seksualitas itu sendiri.
  • Seksualitas dari dimensi sosial, seksualitas dilihat pada bagaimana seksualitas muncul dalam hubungan antar manusia, bagaimana pengaruh lingkungan dalam membentuk pandangan tentang seksualitas yang akhirnya membentuk perilaku seksual.
  • Seksualitas dari dimensi kultural menunjukkan perilaku seks menjadi bagian dari budaya yang ada di masyarakat.

Nah sekarang kita lanjut ke topik kita kali ini yaitu Dorongan Seksual, tidak sedikit juga yang mengartikan dengan sebutan "nasfu" sebenarnya apa sih dorongan seksual itu?

Dorongan Seksual adalah situasi dimana kamu ingin mendapatkan kepuasan secara seksual yang bisa diperoleh dengan perilaku seksual, peristiwa ini wajar terjadi dikalangan remaja saat memasuki masa pubertas. Kenapa bisa begitu? karena saat memasuki masa puber organ-organ reproduksi dan hormon-hormon seksualnya sudah mulai berfungsi. Hormon-hormon inilah yang menyebabkan munculnya dorongan seksual, yaitu hormon esterogen dan progesteron pada perempuan, serta hormon testosteron pada laki-laki. Perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan dorongan antara perempuan dan laki-laki, tetapi mitos yang beredar di masyarakat adalah laki-laki mempunyai dorongan seksual yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Anggapan tersebut sebenarnya didasari oleh budaya di masyarakat yang memang mengijinkan laki-laki untuk lebih ekspresif (termasuk dalam hal seksualitas), sementara perempuan dilarang untuk menunjukkan ketertarikan seksualnya di depan banyak orang.

Nah gimana Sobat Remaja, sudah sedikit mengerti kan? Saat sobat remaja sudah masuk masa puber dan sudah merasakan apa itu dorongan seksual, yang perlu diperhatikan adalah sobat remaja harus bisa mengatur dorongan seksualnya dengan ditambah pengetahuan dan informasi tentang seksualitas yang benar.

 

Sumber: PKBI DIY








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja