Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Mengenal Kader Kesehatan Usia Sekolah & Remaja

Kamis,08 Agustus 2019 oleh Noor P


 

 

Setiap Tanggal 12 Agustus diperingati sebagai  Hari Remaja Internasional. Kenapa Sampai ada hari remaja, karena remaja merupakan keompok yang penting dalam pembangunan. Salah satuny pembangunan di bidang kesehatan. Bagiamana peran remaja dalam pembangunan di Bidang Kesehatan? Salah satunya  adalah dengan menjadi kader kesehatan. 

Kader Kesehatan Remaja adalah remaja yang dipilih / secara sukarela mengajukan diri untuk ikut melaksanakan upaya pelayanan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga, serta masyarakat. Yang termasuk dalam Kader Kesehatan Remaja umumnya disingkat KKR. antara lain: Konselor sebaya, Dokter Kecil, Pendidik Sebaya (Peer Educator), Anggota Saka Bhakti Husada, Anggota PMR, Anggota Karang Taruna, Kader Posyandu Remaja, Remaja Mesjid, Pemuda Gereja, dan Kader Jumantik Cilik.

 Dokter kecil adalah peserta didik yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya

 Konselor Sebaya adalah pendidik sebaya yang secara fungsional mempunyai komitmen dan motivasi yang tinggi untuk memberikan konseling bagi kelompok remaja sebayanya.

 Pendidik Sebaya (Peer Educator) adalah remaja yang terlatih secara fungsional mempunyai komitmen dan motivasi yang tinggi, sebagai nara sumber bagi kelompok remaja sebayanya.

 Anggota Pramuka / Saka Bakti Husada

a. Anggota Pramuka (Praja Muda Karana) adalah anggota dari organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan orang muda yang suka memiliki karya atau sedang berkarya, memiliki kemajuan dalam berfikir, disiplin dan mampu mengatasi masalah.

b. Saka Bakti Husada: salah satu jenis satuan karya pramuka yang merupakan wadah kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang kesehatan yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidang kewirausahaan.

 Anggota Palang Merah Remaja adalah anggota wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI dalam melaksanakan kegiatan kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana

 Anggota Karang Taruna merupakan anggota dari wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial

 Pemuda Masjid, Gereja atau kelompok pemuda keagamaan lainnya merupakan perkumpulan pemuda masjid, gereja atau kelompok pemuda keagamaan lainnya yang melakukan aktivitas sosial dan ibadah di lingkungan tempat ibadah keagamaan.

 Kader Jumantik Anak Sekolah / Jumantik Cilik adalah anak sekolah dari berbagai jenjang pendidikan dasar dan menengah yang telah dibina dan dilatih sebagai juru pemantau jentik (Jumantik) disekolahnya.

Manfaat Kader Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja membantu agar Anak Usia Sekolah dan Remaja dapat :

1. Menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat.

2. Menjadi promotor / penggerak dan motivator dalam upaya meningkatkan kesehatan diri sendiri, teman-teman dan lingkungan sekitar.

3. Membantu teman, guru, keluarga dan masyarakat dalam memecahkan permasalahan kesehatan termasuk melakukan rujukan ke pelayanan kesehatan.

Peran & fungsi Kader Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja bertugas membantu dalam upaya-upaya peningkatan kesehatan terutama upaya pencegahan penyakit dan promosi kesehatan, yang meliputi antara lain:

1. Mempromosikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Pendidikan Keterampilan Hidup Sehat (PKHS).

2. Menyebarluaskan informasi kesehatan kepada teman sebaya di lingkungannya.

3. Peduli terhadap masalah kesehatan di lingkungan sekolah dan di lingkungan tempat tinggalnya.

4. Mengawasi kebersihan lingkungannya.

5. Mengingatkan teman sebaya di lingkungannya agar melaksanakan PHBS

6. Membantu petugas kesehatan dalam melakukan penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala.

7. Membantu menyelesaikan permasalahan kesehatan teman sebayanya.

8. Membantu memfasilitasi teman sebayanya dalam rujukan kesehatan dasar bila diperlukan.


(Sumber Buku KIE Kader Kesehatan Remaja)








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja