Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Sumpah Pemuda - Pemuda adalah Aktor Perubahan

Sabtu,14 2017 oleh Dunia Remaja


Kami poetra dan poetri Indonesia,mengakoe bertumpah darah jang satoe,

Tanah air Indoensia.

Kami poetra poetri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe,

Bangsa Indonesia.

Kami poetra poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean,

Bahasa Indononesia.

Sejarah penting telah terjadi pada negara indonesia, aktornya adalah para pemudi dan pemuda. Bukti dari sejarah itu diperingatinya hari “SOEMPAH PEMUDA” setiap tanggal 28 Oktober. Semangat persatuan dan memiliki cita-cita besar bersama menjadi landasan utama. Jauh sebelum Indonesia merdeka, pada tahun 1928 pemuda pemudi sudah mengikrarkan tujuan mereka yaitu bertanah air Indonesia, berbangsa Indonesia, dan berbahasa Indonesia yang artinya indonesia harus bebas dari bentuk penjajahan dan tekanan dalam bentuk apapun untuk bisa berdaulat menata negaranya sendiri.  Sungguh luar biasa putra putri indonesia kala itu.

89 tahun telah berlalu masa penjajahan telah dibebaskan masa kemerdekaan sudah diwujudkan, orde lama, orde baru hingga reformasi sudah dilalui negara ini bersama para pemuda dan pemudi. Tiba pada saat ini kita sebagai pemuda dan pemudi negara indonesia yang harus turut serta membangun bangsa. Sudahkan kita sebagai pemuda pemudi berkontribusi untuk negara ini ? jika sudah apa kontribusi kita? jika belum kenapa alasannya?. Kontribusi atau sumbangsih tidak harus selalu hal-hal besar dan memiliki perubahan yang signifikan, contoh kontibusi sederhana untuk negara dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok ditempat umum, belajar dengan sungguh-sungguh, saling menghormati dan menghargai antar teman, tertip berlalu lintas, dan kegiatan positif lainnya yang kita lakukan. Hal tersebut nampak sederhana dan kita lakukan setiap harinya namun jika kita telusuri lebih jauh dampaknya luar biasa, kita ambil contoh saling menghormati dan menghargai, dampaknya bagi negara ini tidak ada lagi tawuran, tidak ada lagi diskriminasi dan tidak ada lagi kerusuhan-kerusuhan lainnya sehingga negara aman dan tentram. Kontribusi lain yang bisa kita lakukan dengan cara bergabung pada organisasi-organisasi kepemudaan yang ada, bukankah sumpah pemuda lahir dari kongres organisasi - organisasi kepemudan. Sangat banyak organisasi kepemudaan yang terbagi dalam bidang-bidang tertentu, namun kita juga harus selektif dalam memilih organisasi yang akan kita ikuti yang pasti tidak bertentangan dengan ideologi pancasila. 

Pada titik akhir ini kita harus mengingat kembali makna dari “SUMPAH PEMUDA”. Membaca teks sumpah pemuda dengan lantang atau dalam hati untuk mengambil semangat persatuan dan kesatuan yang ada didalamnya. Sejarah sudah membuktikan bahwa pemuda pemudi dapat menentukan nasib suatu bangsanya. Sudah saatnya kini kita yang bertugas membangun bangsa ini menjadi lebih baik lagi, berawal dari hal-hal sederhana yang kita lakukan disetiap hari hingga membuat perubahan yang besar secara bersama-sama. (/yoga)

d








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja