Berita



Home / Aku tahu / Journalis Remaja
Sumpah Pemuda: Semangat Remaja Membangun Bangsa

Jumat,27 2017 oleh Abang Dalil


 

Peristiwa sumpah pemuda  tidak dapat terlepas dari pentingnya peran pemuda dalam menggerakan semangat untuk merdeka. Sumpah pemuda adalah ikrar yang mengkristalisasi semangat para pemuda untuk menegaskan cita-cita berdirinya Negara Indonesia. Membangun negara Indonesia dengan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Sumpah pemuda harus dipahami oleh segenap bangsa Indonesia, terutama untuk pemuda dan pemudi yang menjadi masa depan bangsa. Peristiwa yang menjadi awal kebangkitan pemuda Indonesia dari berbagai penjuru daerah untuk menyatakan cintanya pada tumpah darah Indonesia. Peristiwa sumpah pemuda adalah bukti nyata dari besarnya pengaruh  pemuda bagi bangsanya.

                Makna sumpah pemuda dapat diartikan dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Memaknai berarti memahami sekaligus menjiwai secara penuh arti perjuangan dalam sumpah pemuda. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki potensi terbesar untuk membangun bangsa. Peristiwa umpah pemuda menjadi bukti bahwa pemuda-pemudi memiliki pengaruh yang besar terhadap bangsa. Makna sumpah pemuda bagi generasi muda saat ini harusnya menjadi penyemangat dalam memperjuangkan bangsa Indonesia.

                Generasi muda yang tengah menjadi sorotan saat ini adalah remaja. Dewasa ini banyak remaja yang sikap dan perilakunya tidak sesuai dengan etika bangsa Indonesia yang sebenarnya. Kondisi yang sangat bertentangan dengan makna sumpah pemuda. Dahulu, generasi muda seperti remaja sangat menjaga adat istiadat dan kehormatan diri dan bangsanya. Berbeda sekali dengan kondisi yang sekarang, nilai dan norma kebangsaan dijadikan bahan ejekan, kesopanan sudah tidak diindahkan lagi, dan seks bebas menjadi makanan sehari-hari. Fenomena ini terjadi karena lingkungan sekitar dan media masa yang berpengaruh besar terhadap perkembangan remaja saat ini. Peradaban sudah berganti. Adat istiadat bangsa sendiri mulai luntur, merasa gengsi untuk menjadi seorang nasionalis. Padahal bangsa lain memiliki minat yang besar terhadap kebudayaan bangsa Indonesia. Remaja sekarang justru cenderung bangga terhadap adat kebiasaan bangsa lain. Bangga jika berpenampilan, bergaya dan berperilaku seperti orang-orang barat yang kebiasaannya bertolak belakang dengan Bangsa Indonesia.

Akan sangat membahayakan jika masalah kebudayaan itu merambat pada bonus demografi negeri ini. Indonesia tengah menghadapi bonus demografi, kondisi ketika penduduk dengan umur produktif sangat besar sementara usia muda ( anak-anak ) semakin kecil dan usia lanjut belum banyak. Dalam proses bonus demografi, seorang remaja dapat dikatakan siap apabila dalam masa menuju era bonus demografi , mereka sudah mempersiapkan diri dengan banyak bekal ilmu-ilmu yang mampu membangkitkan semangat produktifitas dalam diri mereka. Kebudayaan yang semakin tergerus dan masalah seks bebas yang tidak teratasi menjadi mimpi buruk yang terus menghantui semangat sumpah pemuda yang harusnya semakin berjaya dengan bonus demografi. (/abang)

 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja