Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Kehamilan Tidak Diinginkan di Kalangan Remaja

Sabtu,23 Desember 2017 oleh Septyanti Nur Trisnani


Hai kawula muda !

Tau gak sih kalian tentang KTD?

KTD atau Kehamilan Tidak Diinginkan adalah kehamilan yang tidak diinginkan oleh salah satu atau kedua belah pihak dari pasangan tidak menginginkan terjadinya kehamilan sama sekali atau kehamilan yang sebenarnya diinginkan namun tidak pada waktu itu (masa mendatang).

Sebenarnya, kehamilan tidak diinginkan dapat terjadi di dalam pernikahan karena kegagalan dalam penggunaan alat kontrasepsi yang menjadi penyebabnya. Namun yang menjadi persoalan adalah KTD yang terjadi pada remaja.

Kenapa KTD bisa terjadi pada remaja?

Sekarang ini pergaulan remaja sangat luas, pertemanan tidak hanya berada di lingkungan rumah atau sekolah saja. Pergaulan yang tidak terjaga atau kurang sehat dapat menyebabkan pergaulan bebas seperti seks bebas yang bisa menjadi faktor utama terjadinya KTD Atau akibat dari korban pemerkosaan, terkadang perempuan yang menjadi korban pemerkosaan mengalami kasus KTD

Mengapa remaja paling beresiko?

Remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Perkembangan remaja dipengaruhi oleh pertumbuhan sosial dan pola lingkungan masyarakat. Masa remaja adalah masa terjadinya pencarian jati diri, sehingga pengaruh lingkungan yang tidak baik akan mempengaruhi dan kurangnya informasi yang benar menyebabkan permasalahan remaja termasuk KTD. Adanya ketidakstabilan emosi, serta sikap menentang dan menantang orang tua bisa menjadi salah satu factor pendukungnya.

Apa sih dampak KTD buat remaja?

Remaja yang mengalami KTD biasanya mendapatkan tekanan psikologis, karena remaja belum siap dengan kehamilan tersebut dan akibat dari lingkungan sosial. Bagi remaja yang mengalami KTD saat masih sekolah, dengan terpaksa harus putus sekolah. Mereka juga harus menahan malu karena kasus yang terjadi pada dirinya, mudah marah atau sensitif, yang paling miris adalah peningkatan kasus aborsi yang tidak aman.

Gimana cara pencegahannya?

Yang paling utama dan penting adalah orang tua, karena orang tua adalah peran terpenting dalam pembentukan anak. Orang tua juga menjadi tokoh panutan untuk anak-anaknya kelak. Membangun komunikasi yang baik antara anak dan orang tua serta membekali anak dengan moral dan agama juga menadi tugas penting untuk menjaga anak-anaknya.

Kedua adalah guru, Guru bertugas memberikan informasi yang jelas dan benar bagi anak saat di lingkungan sekolah tentang masalah yang sering terjadi pada kalangan remaja. Menciptakan hubungan yang harmonis atau bersahabat dengan para siswa serta meningkatkan deteksi  dini terjadinya perilaku yang menyimpang atau tidak benar pada muridnya.

Yang terakhir adalah peran remaja itu sendiri. Remaja dapat mengisi kegiatan dengan aktivitas yang positif dan bermanfaat, semisal menyalurkan hobi basket dengan bermain atau tanding basket. Menambah ilmu atau informasi tentang pengembangan diri, serta menjaga pergaulan. Bisa saja teman dekat menjerumuskan kita pada pergaulan bebas yang berujung dengan seks bebas sehingga terjadi KTD.

Terus gimana kalau udah terjadi KTD?

Yang harus dilakukan pertama kali adalah memberitahu hal tersebut dengan orang terdekat, terutama orang tua kedua belah pihak.

Lalu tetap mempertahankan kehamilan, yang dimaksudkan di sini adalah, apa remaja akan menikah dan membesarkan bersama atau melahirkan lalu memberikan anak tersebut untuk diadopsi. Atau pilihan terakhir tidak mempertahankan kehamilan. Maksudnya tidak mempertahankan kehamilan adalah kemungkinan terjadinya resiko kedaruratan medis yang berbahaya bagi ibu dan janin, lalu langkah yang mungkin diambil adalah melakukan konsultasi kepada pihak-pihak yang memang berkompompeten dalah urusan tersebut.

Sekarang udah tau ‘kan mulai dari apa itu KTD, cara pencegahannya, sampai langkah yang harus diambil ketika sudah terjadi KTD?

So, come on guys! Kalian harus mulai mempertimbangkan dan bertanggung jawab atas apa yang kalian lakukan. Manfaatin waktu kalian dengan baik dan jaga diri kalian dengan baik jangan rusak diri kalian dengan kesenangan sesaat!

Selamat berkarya wahai kawula muda Indonesia! (/trisna)








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja