Berita



Home / Aku tahu / Journalis Remaja
Mitos dan Fakta HIV dan AIDS

Senin,25 Desember 2017 oleh Rizki Nurmawanti


 

 

Kesempata kali ini kita akan berbagi informasi tentang HIV dan AIDS, sebelum lanjut ke pembahasan selanjutnya apa kalian sudah tau apa itu HIV dan AIDS? Berikut ini sedikit penjelasannya. 

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah secara singkat bisa diartikan sebagai virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sedangkan AIDS (Aquired Immuno Deficiency Syndrom) adalah sekumpulan gejala dan infeksi akibat menurunya sistem kekebalan tubuh manusia yang disebabkan oleh virus HIV. Dari penjelasan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa HIV dan AIDS itu berbeda ya teman teman. HIV adalah virusnya dan AIDS adalah gejala yang disebabkan oleh HIV. 

Lanjut… Mungkin teman teman juga bertanya apa saja sih yang dapat menularkan HIV, karena tidak sedikit mitos-mitos yang beredar di masyarakat yang membuat seolah-olah ini merupakan sesuatu yang menakutkan. Biar tidak banyak salah yuk kita cari kebenaranya tentang penularan HIV. 

Penularan HIV

Perlu teman teman ketahui bahwa HIV bisa menular melalui cairan seperti cairan sperma, cairan vagina, darah, dan air susu ibu.

 

Fakta 

• Transfusi darah

Transfusi darah dengan orang yang terinfeksi HIV akan beresiko menularkan virusnya karena HIV juga terdapat pada darah

• Berhubungan seksual

Berhubungan seksual dengan berganti ganti pasangan beresiko menularkan HIV karena kita belum tentu tahu apakah pasangan kita terinfeksi HIV atau tidak.

• Ibu hamil

Ibu hamil beresiko menularkan HIV. Tapi tenang teman teman, untuk bayi yang dilahirkan oleh ibu yang terinfeksi HIV bisa dicegah penularannya dengan melakukan terapi secara rutin 

 

Mitos 

Air ludah bisa menularkan HIV

Fakta : Air ludah akan menularkan HIV dengan jumlah yang sangat banyak. Yaaa kira kira sebanyak air di dalam galon (waduh banyak banget yaa)

Menggunakan alat makan bergantian menularkan HIV

Fakta : Menggunakan alat makan secara bergantian tidak akan menularkan HIV. Karena virus HIV hanya berada pada Cairan sperma, cairan vagina, air susu ibu, dan juga darah

Gigitan nyamuk bisa menularkan HIV

Fakta : Gigitan nyamuk atau serangga tidak dapat menularkan HIV, karena serangga tidak bisa terinfeksi virus HIV

Berjabat tangan dan berpelukan menularkan HIV

Fakta : berjabat tangan dan berpelukan tidak akan menularkan HIV, karena virus HIV hanya ada pada cairan sperma, cairan vagina, air susu ibu, dan darah. Jadi tidak masalah apabila teman teman berjabat tangan dan berpelukan dengan ODHA (Orang Dengan HIV dan AIDS)

Sudah tahu kan mana yang fakta dan mana yang mitos, yuk bersama-sama “Hapus stigma negatif tentang ODHA, Karena yang perlu di jauhi itu virus dan penyakitnya bukan orangnya”.

Sekian pembahasan mengenai Mitos dan Fakta HIV dan AIDS, semoga pemahaman teman teman semakin luas tenang HIV dan AIDS. (/Rizki)

 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja