Berita



Home / Aku tahu / Reportase
Bolehkah Minum Kopi, Teh, Dan Susu Saat Anemia?

Rabu,13 Februari 2019 oleh Dwi Lestari


Hallo gaes, apa sih, anemia itu?. Anemia dalam keseharian kita dikenal dengan kurang darah, atau kekurangan sel darah merah. Yang perlu diingat, anemia itu kekurangan darah, BUKAN tekanan darah yang rendah. Kurang darah yang dimaksud adalah kondisi tubuh di mana kadar hemoglobin atau Hb dalam darah lebih rendah dari normalnya. Kurang lebih seperti itu anemia berdasarkan pengertian WHO 2011.

Lalu kalau ditanya apa itu hemoglobin? Berdasarkan buku saku kesehatan remaja dari dinas kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjelaskan, bawah hemoglobin adalah salah satu komponen dalam sel darah merah atau eritrosit yang berfungsi mengikat oksigen dan menghantarkannya ke seluruh sel jaringan tubuh gaes. Jadi gaes, inilah kenapa kita saat kurang darah atau anemia selalu merasa 5 L; letih, lesu, lemah, lelah, lalai. Cepat capai, ngantuk, kepala pusing, mata berkunang-kunang, pucar. Karena oksigen yang kita hirup tidak bisa secara lancar bisa terhantarkan ke seluruh sel jaringan tubuh.

Apa yang bisa lakukan saat terkena anemia atau kekurangan darah? Yang perlu dilakukan saat terkena anemia kita bisa melalukan 2 hal berikut ini:

  1. Meningkatkan asupan makanan sumber zat besi. Makanan yang kaya zat besi itu hewani, nabati. Namun makanan yang kaya nabati penyerapan lebih rendah jika dibandingkan hewani.
  2. Mengkonsumsi obat tambah darah. Bisa mengkonsumsi obat tambah darah, namun sesuai anjuran dokter dan sesuai resep yang berlaku ya gaes. Karena obat terbuat dari berbagai komponen, sehingga obat tambah darah ini dirasa lebih membantu lebih cepat dalam penyembuhan anemia. Mengingat makanan hewani dan nabati tidak bisa mencukupi kebutuhan tubuh terhadap zat besi secara cepat. Makanya dibutuhkan obat tambah darah.

Lalu apa hubungannya hukum minum kopi, tea, dan susu dalam anemis. Begini gaes, saat seseorang terdiagnosa sakit anemia, maka dia tidak disarankan meminum obat tambah darah dengan menggunakan kopi, teh, dan susu. Kenapa?. Karena didalam kopi dan tea terdapat tannin, sedangkan di dalam susu terdapat kalsium. Tannin dan kalsium dua zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi dari obat tersebut. Makanya saat mengkonsumsi obat tambah darah tidak disarankan minum kopi, tea dan susu.

Jadi gaes, saat mengkonsumsi obat tambah darah disarankan diminum bersama jus yang mengandung vitamin C. Seperti jeruk dan jambu. Okay, sekarang sudah tahu kan gaes kenapa saat anemia tidak disarankan minum kopi, teh, dan susu bersamaan dengan minum obat tambah darah.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja