Berita



Home / Aku tahu / Reportase
Dorongan Seksual Pada Remaja

Kamis,28 Februari 2019 oleh Ulil Afidah


Hai guys, kalian tau gak sih bahwa usia remaja memiliki kecenderungan untuk mencoba banyak hal baru. Mudahnya komunikasi, jaringan internet dan canggihnya teknologi mendorong setiap remaja untuk mengakses apa yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

Tidak bisa dielakkan bagaimana pengaruh globalisasi dapat memberikan dampak positif, namun juga ternyata membawa dampak negatif salah satunya adalah mengenai pergaulan remaja, misalnya gaya hidup hedon, seks tidak aman, dan lain sebagainya.

Masa remaja adalah fase yang sangat beresiko, banyak perubahan yang terjadi pada fase ini, seperti perubahan biologis, hormonal, psikologis, dan terjadi pubertas berkisar usia 11 sampai dengan 16 tahun. Pada fase pubertas ini terkadang remaja mengalami kesulitan untuk mengelola dirinya sendiri karena banyaknya perubahan yang terjadi pada dirinya yang juga dipengaruhi oleh lingkungan pergaulannya.

Hal lain yang biasa terjadi pada fase remaja adalah adanya dorongan seksual yang biasa muncul dalam diri seseorang, hal ini wajar terjadi pada remaja yang sudah atau sedang mengalami pubertas. Pada saat puber, organ-organ reproduksi pada remaja sudah mulai berfungsi, terjadi perubahan secara hormonal, yaitu hormon esterogen dan progesteron pada perempuan, serta hormon testosteron pada laki-laki.

Dorongan seksual adalah keinginan untuk mendapatkan kepuasan secara seksual yang diperoleh dengan perilaku seksual. Hal yang harus dipahami remaja yaitu pemahaman terhadap hal-hal yang berkaitan dengan perilaku sosial dan resiko yang mungkin muncul. Perilaku seksual sering dimaknai hanya sebatas “berhubungan seks” semata.

Padahal, ada banyak bentuk yang mencerminkan perilaku seksual, salah satunya yaitu berdandan (bagi perempuan yang ingin tampil cantik), mejeng, menggoda perempuan, dan hubungan seksual. Perilaku seksual adalah perilaku yang didasarkan pada adanya dorongan seksual dalam rangka memenuhi kepuasan organ seksual.

Perilaku seksual bisa terjadi selain karena adanya dorongan seksual juga karena adanya pengaruh dari lingkungan sekitar, misalnya saja pengaruh teman sebaya, pengaruh lingkungan sekitar, pengaruh film yang ditonton dan buku yang dibaca, pengaruh biologis (hormonal), pengaruh orangtua, dan lain sebagainya.

 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja