Berita



Home / Aku tahu / Reportase
Remaja Disabilitas Dan Stigma Yang Tumbuh Di Masyarakat

Jumat,13 Juli 2018 oleh Ulil Afidah


Remaja Disabilitas Dan Stigma Yang Tumbuh Di Masyarakat

Berbicara mengenai disabilitas membuat kita tersadar bagaimana kerberagaman hadir di tengah-tengah masyarakat kita, bukan hanya beragam mengenai ras, agama, suku, budaya, namun juga perbedaan yang spesial yang melekat pada masing-masing manusia. Kita tentu tidak asing mendengar kata “disabilitas”, apakah yang terlintas dibenak teman-teman jika mendengar kata itu?

Jika kita terus menggali perbedaan antara satu orang dengan lainnya tentu tidak akan pernah ada habisnya. Tidak terkecuali mereka yang ditakdirkan sebagai penyandang disabilitas. Orang dengan disabilitas sering sekali dianggap sebelah mata, dianggap tidak mampu melakukan kegiatan layaknya orang pada umumnya, mereka yang menilai demikian hanyalah menilai dari luar atau yang biasa disebut “cover” tanpa bersedia untuk mengenal lebih dekat.

Kebanyakan masyarakat memandang penyandang disabilitas hanyalah sebagai objek. Ya, sebagai objek yang sangat dikasihani. Padahal jika ditelisik lebih dalam, cara pandang demikian tidak lah tepat, jika cara pandang demikian masih terus dipertahankan tentu sama saja menimbulkan kesan serta perlakuan diskriminatif dari berbagai aspek kehidupan. Cara pandang demikian haruslah kita ubah sedini mungkin. Penyandang disabilitas adalah layaknya kita, mereka memiliki hak serta kewajiban yang sama sebagai warga negara, berhak mendapatkan perlakuan baik dari lingkungan sekitarnya, berhak mendapatkan pendidikan, baik itu pendidikan umum atau pendidikan kesehatan reproduksi, berhak memiliki kawan dan bergaul dengan teman sebayanya.

Selama cara pandang masyarakat belum berubah dan masih menganggap bahwa penyandang disabilitas adalah orang tidak normal maka lingkungan yang tumbuh adalah lingkungan yang penuh dengan multi diskriminasi. Pemahaman yang tumbuh sungguh memprihatinkan, banyak yang menganggap bahwa penyandang disabilitas adalah mereka yang terkena penyakit turunan dan tidak akan sembuh, mereka harus disekolahkan di sekolah yang terpisah, mereka tidak bisa bergaul layaknya remaja pada umumnya, mereka tidak mungkin bisa berprestasi, mereka harus dipisahkan dari lingkungan sosial, dan banyak lagi.

Pemahaman yang bersifat sederhana ini perlu dipahami oleh seluruh masyarakat, bahwa penyandang disabilitas adalah sama seperti orang pada umumnya, yang juga memiliki hak dan kewajiban, hak yang mereka dapatkan serta kewajiban yang harus mereka tunaikan. Stigma negatif yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat harus segera dimusnahkan, stigma seperti itu akan turut membawa wabah penyakit terhadap perpecahan serta diskriminasi.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja