Berita



Home / Aku tahu / Journalis Remaja
Karena Remaja Adalah Identitas

Minggu,29 Juli 2018 oleh Ulil Afidah


Karena Remaja Adalah Identitas

Menjadikan remaja sebagai identitas Masa remaja dikenal sebagai masa dimana individu sedang dalam pencarian jati diri. Banyak sekali hal yang menarik bila ditelisik semakin dalam pada remaja. Pergolakan batin dalam pengambilan banyak keputusan yang dialami remaja menjadi suatu ciri khas bahwa remaja sudah harus berani mengambil keputusan yang bijak serta membawa dampak baik bagi dirinya serta orang di sekitarnya. Sebagian orangtua merasa khawatir ketika anaknya memasuki masa remaja, karena stigma yang tumbuh di kalangan orangtua yaitu remaja identik dengan keras kepala, memiliki banyak keinginan, sulit diatur dan sebagainya.

Menurut International Planned Parenthood Federation (IPPF) masa remaja memiliki rentang usia 10 sampai dengan 24 tahun, batasan ini mengacu pada dimana perubahan-perubahan fisik dan psikis mulai muncul pada remaja. Perubahan secara fisik yang juga diiringi oleh bertambahnya hormon yang berperan dalam tubuh remaja membuat perubahan sikap serta perilaku remaja. Hal inilah yang harus diperhatikan oleh remaja serta orangtua.

Masa remaja bisa dikenali dari empat sisi yang menarik untuk ditinjau; fisik, mental, sosial budaya, serta ekonomi. Secara fisik remaja sudah mulai mengalami kematangan yang bisa diamati pada perubahan-prubahan secara biologis. Dari sisi mental, justru remaja dianggap memiliki mental yang labil secara emosional. Hal ini biasanya dicirikan ketika remaja terus berusaha mencari hal-hal baru dalam rangka pencarian identitas mereka. Secara sosial remaja cenderung lebih nyaman ketika mereka ada di lingkungan teman sebayanya daripada di lingkungan keluarganya. Hal tersebut ditandai dengan keseharian remaja yang cenderung lebih sering berada di luar rumah untuk berkumpul dengan teman-temannya. Dan secara ekonomi remaja cenderung masih bergantung pada orangtua mereka, namun ada beberapa remaja yang memilih untuk mandiri finansial sejak dini.

Melabeli remaja bahwa sebenarnya mereka adalah identitas menjadi tantangan bagi remaja itu sendiri. Dilatarbelakangi oleh alasan bahwa remaja sejatinya sebagai tumpuan pembangunan bangsa dan juga sebagai generasi emas yang sedang dipersiapkan sebagai investasi di masa depan. Remaja memiliki energi yang begitu besar yang harus tersalurkan ke wadah- wadah positif, mereka selalu berusaha mencari hal-hal yang menarik dan mereka senangi. Wadah-wadah positif ini sangatlah penting untuk menampung energi yang dimiliki remaja, wadah tersebut bisa berupa komunitas, organisasi, kompetisi dan banyak lainnya. Apabila wadah positif ini tidak ada tentu akan menimbulkan resiko yang perlu dikhawatirkan.

Derasnya arus globalisasi tidak dapat dipungkiri bahwa akses-akses terhadap hal-hal yang negatif semakin mudah untuk didapatkan, untuk itu perlu diseimbangkan dengan hal-hal positif yang posisinya lebih kuat dibandingkan hal negatif yang hadir. Untuk itu remaja harus menyadari betapa pentingnya penyaringan terhadap apa yang mereka lakukan demi terus menjaga identitas mereka.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja