Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Tak Hanya Anak-anak, Lansia Pun Bisa Ngompol

Selasa,31 Juli 2018 oleh Dwi Lestari


 

Menjadi remaja dan anak-anak selamanya adalah suatu hal yang tidak mungkin. Karena setelah seseorang mencapai fase remaja, dewasa, suatu saat ia pun pasti akan mengalami fase menua. Masa yang diterkenal dengan sebutan LANSIA (Lanjut Usia). Sesungguhnya fase menua atau LANSIA adalah fase tertinggi dari kehidupan ini ya Guys. Bagaimana tidak?. Sebelum seseorang mencapai fase LANSIA, seseorang harus menjalani beberapa tahapan fase kehidupan. Seperti fase balita, anak-anak, remaja, dewasa, dan LANSIA. Mustahil juga ya Guys, seseorang tanpa menjalani beberapa tahap fase kehidupan tersebut, tiba-tiba menjadi LANSIA. Itulah mengapa LANSIA adalah fase tertinggi dari kehidupan ini.

Meski demikian, sayangnya LANSIA sering diidentikan sebagai masalah sosial Guys. Maklum Guys, sejauh ini LANSIA hanya dilihat dari sisi fisiknya. Jadinya, LANSIA hanya akan terlihat lemah, tidak bisa mandiri, pelupa, crewet, lusuh dan mungkin masih banyak lagi ya.

Penyematan hal-hal demikian pada LANSIA, seringkali mengambarkan fase kehidupan LANSIA yang terpinggirkan dari dunia sosial. Alasan yang sering muncul adalah LANSIA ngompol. Kalian tahu kan Guys ngompol itu apa?. Ngompol itu sama halnya buang air kecil atau pipis. Hanya saja, ini dilankukan saat masih menggunakan clana. Dan dilakukan tanpa disengaja. Jadi, gak perlu kaget atau malu ya saat memiliki keluarga yang sudah memasuki fase LANSIA, saat kamu ajak jalan, ternyata Beliau ngompol.

Semua itu bisa diatasi dengan popok dewasa Guys. Ini bukan iklan lhoo ya. Ini hanya salah satu cara untuk menjaga orang terdekat kita yang telah memasuki fase LANSIA, agar tetap bisa bepergian jauh, bergaul dengan banyak orang tanpa harus takut dengan permasalahan ngompol.

LANSIA mudah ngompol karena banyak faktor, Namun yang jelas itu terjadi karena faktor usia yang semakin menua. Semakin seseorang bertambah usia, akan semakin mengalami penurunan stamina dan fisiknya Guys. Kalau dulu saat balita, makin tabah usia makin pinter, makin kuat dan perkembangan lainya. Namun setelah memasuki usia 45 tahun ke atas, seseorang akan mengalami masa penurunan fisik, stamina dan lain sebagainya.

Karena itulah di fase ini LANSIA sering ngompol. Otot-otot dinding kandung kemih (otot detruso) mengalami kontraksi berlebihan. Makanya urin lebih sering terdorong keluar tanpa disadari, Guys. Ada juga ngompol terjadi akibatkan tekanan rongga perut (intraabdomen), tekanan tersebut yang akhirnya mendorong urin keluar tanpa disadari. Biasanyan ini terjadi pada saat LANSIA tersebut tengah batuk atau tertawa.

Baiklah Guys, jangan terlalu takut dengan fase LANSIA yang dianggap sebagai orang tak berfungsi di masyarakat. Atau LANSIA akan menjadi beban yang muda. Di dunia yang modern, dan canggih ini, akan tetap ada solusi untuk mengatasi permasalahan LANSIA.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja