Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Hubungan antara Orangtua dan Anak Diatur Dalam Undang-Undang

Rabu,15 Agustus 2018 oleh Dwi Lestari


 Hubungan antara Orangtua dan Anak Diatur Dalam Undang-Undang

Hi, Guys. Kamu sudah tahu atau belum kalau ternyata hak dan kewajiban di dalam keluarga juga diatur dalam undang-undang lho. Baik orangtua atau anak. Kedua status ini memiliki hak dan kewajiban. Ketentuannya bisa di baca dalam Undang-Undang No. 1 Tahun 1974 tentang perkawinan. Pada Bab X, disana menjelaskan tentang hak dan kewajiban antara orangtua dan anak.

Kamu harus tahu ini Guys. Berstatus orangtua atau pun anak, keduanya sama-sama memiliki fungsi dan tugas, Guys. Seperti misalnya orangtua di dalam sebuah keluarga memiliki kewajiban atau tugas untuk merawat dan mendidik anak-anaknya. Mendidik dan merawat dengan cara sebaik-baiknya. Orangtua diwajibkan merawat dan mendidik anak-anaknya hingga anak-anaknya menikah. Atau sampai anaknya tersebut mampu berdiri sendiri. Jadi, menikah bisa menjadi salah satu batas tanggungjawab orangtua dalam merawat dan mendidik anaknya Guys. Menikah adalah tanda seseorang telah dewasa. Dewasa dalam arti telah mampu berdiri sendiri. Dan tentunya juga telah siap untuk menjaga orangtuanya.

Kewajiban orangtua untuk merawat dan mendidik anak-anaknya tidak terbatas pada hubungan suami istri saja, lho.. Guys. Andai pasangan suami istri tersebut telah cerai, pisah, dan memiliki anak. Maka keduanya tetaplah memiliki kewajiban untuk merawat dan mendidik anaknya. Jadi Guys, perceraian memang bisa memutuskan hubungan antara suami dan istri. Namun perceraian tidak bisa memutuskan hubungan antara anak dengan ayah dan ibu.

Sedangkan untuk kewajiban seorang anak kepada orangtuanya. Seorang anak memiliki kewajiban untuk menghormati orangtuanya. Serta menaati kehendak kedua orangtuanya. Kehendak yang dimaksud adalah kehendak yang baik-baik, ya Guys. Selain itu, seorang anak yang telah beranjak dewasa. Anak juga memiliki kewajiban untuk merawat orangtuanya sesuai dengan kemampuan si anak guys.

Gimana Guys, sekarang sudah tahu ya. Ternyata hubungan orangtua dan anak di dalam keluarga juga ada dalam UU RI. Kalau ini diatur oleh negera RI tentu ketika diantara status itu ada yang tidak menjalankan kewajibanya akan mendapatkan sanksi ya Guys. Mari dengan adanya pengetahuan yang sedikit ini, kita semakin hormat dan taat dengan aturan orangtua kita ya Guys. Begitu pun orangtua kita. Semakin merawat kita dengan penuh kesejateraan dan mendidik kita sesuai kemampuan orangtua kita masing-masing tentunya, ya Guys.

Aturan seorang anak menghormati, menaati kehendak, dan merawat orangtua tentunya tidak terbatas pada orangtua kita masih bersama atau tidak ya Guys. Maksudnya, biar pun orangtua telah cerai. Keduanya tetaplah orangtua. Orangtua ya tetap harus kita hormati, menaati kehendak, dan merawatnya kelak saat kita telah tumbuh dewasa. Jadi yang perlu kita garis bawahi adalah, perceraian tidak bisa memutuskan hubungan antara anak dan orangtua. Sekaligus tidak bisa memutuskan hak dan kewajian antara anak dan orangtua. Walau pun perceraian telah memutuskan hubungan suami dan istri.

 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja