Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Selamat Hari Santri Nasional 2018

Senin,22 2018 oleh Dwi Lestari


Pic/NU Online

Hi guys, kalian tahu gak sih kalau hari ini adalah Hari Santri Nasional. Pasti sudah tahu ya. Andai tidak tahu, mari bersama-sama melihat kanal-kanal media social kalian. Pasti disana banyak postingan tentang serba-serbi hari santri nasional. Mulai dari ucapan, perayaan dengan diskusi dan berbagai kegiatan serba-serbi hari santri nasional lainnya guys.

Hari santri nasional pertama kali dirayakan di tahun 2015. Saat itu presidennya adalah bapak Joko Widodo. Alasan tanggal 22 Oktober diperingati sebagai hari santri nasional karena santri, tokoh-tokoh agama islam baik dari Nahdatul Ulama (NU), dan Muhammadyah telah berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Tanggal 22 Oktober dipilih sebagai hari santri nasional karena di tanggal 22 Oktober 1945 inilah seorang kyai yang bernama Hasyim Asy’ari sekaligus sebagai pendiri NU menyusun rencana untuk melakukan penyerangan ke markas Brigade 49 Mahratta Pimpinan Brigadier Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby di Surabaya.

Penyerangan itu wajib dilakukan, dan dikobarkan sebagai semangat bela Negara, karena ulama pada saat itu geram dengan colonial Belanda yang semakin meresahkan. Saat itu Indonesia adalah Negara yang baru saja merdeka, sehingga rasa trauma, takut untuk dijajah lagi adalah sesuatu yang wajar. Terutama pada Belanda. Karena kita tahu dong guys, kalau Belanda menjajah bangsa kita ini 3 abad lebih. Karena tidak ingin mengulangi kedua kalinya di jajah.

Bangsa kita pun menolak Belanda. Walau pun Belanda telah mengatas namanyakan diri sebagai Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Dan saat itu yang dihadapi bangsa kita adalah Inggris. Inggris membawa misi, bahwa Indonesia harus kembali pada administrasi pemerintah Belanda. Itu tandanya bangsa kita harus menjadi Negara jajahan Belanda lagi.

Para ulamak melihat glagat dari Inggris ini, para ulama bersama-sama kekeh menolak segala hal yang hubungan dengan Belanda. Termasuk Inggris yang telah secara terang terangan ingin menjadikan Indonesia sebagai Negara jajahan lagi. Atas dasar alas an itulah memerangi adalah hal yang paling tepat untuk menjaga kedaulatan Negara Indonesia pada saat itu.

KH. Hasyim Asy’ari bersama dengan para sahabat, pemuda dan santrinya pun bertempur selama 3 hari. Tepatnya di tangga 27, 28 dan 29 Oktober 1945 di Surabaya. Peristiwa ini jugalah yang melatar belakangi terjadinya peperangan 10 November 1945 di Surabaya. Karena kekalahan Inggris di 3 hari tersebut, sehingga membuat Inggris klabakan, dan Inggris melakukan ultimatum. Perasaan terhina atas ultimatum Inggris tersebut, akhirnya memberikan semangat bangsa Indoensia untuk tetap menumpas habis pasukan Inggris pada saat itu. Dan kini kita mengingat tanggal 10 November tersebut sebagai hari pahlawan nasional.

Oke guys, sekarang sudah tahu ya. Semoga sebagai pemuda, kita selalu dapat merawat ingatan-ingatan masa lalu bangsa kita ini. Agar dengan ingatan-ingat tersebut kita dapat menjadikan semua itu sebagai pelajaran, ilmu pengetahuan untuk kita jadikan sebagai semangat nasionalis dan untuk tetap menjaga kedaulatan bangsa kita. Selamat Hari Santri 2018.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja