Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Pentingnya Pendidikan Kontrasepsi Yang Benar Bagi Remaja

Selasa,23 2018 oleh Isnaeni Nur Fatima


Banyak remaja beranggapan pengetahuan kontrasepsi hanya untuk orang-orang yang sudah menikah. Anggapan tersebut karena belum terbiasanya pengetahuan seksualitas dibicarakan secara gamblang. Hal itu berdampak pula remaja yang membicarakan seksualitas hingga pembicaraan tentang kontrasepsi dianggap remaja yang memiliki pemikiran negatif. Perlu diketahui kontrasepsi adalah salah satu pendidikan tentang seksualitas dan setiap remaja memiliki hak untuk mendapatkan pengetahuan tersebut.

Kontrasepsi seperti banyak orang ketahui berarti suatu alat atau metode yang digunakan dalam mencegah kehamilan. Kontrasepsi secara alami bisa dilakukan dengan menghindari hubungan seksual saat perempuan sedang dalam masa subur. Untuk mengetahui masa subur dapat menggunakan perhitungan dengan kalender, suhu tubuh, serta perubahan cairan vagina. Kontrasepsi jenis ini tidak membutuhkan biaya, namun bila salah perhitungan dapat memungkinkan berakibat kehamilan. Selain cara alami ada beberapa cara lain dengan pil KB, kondom, suntik, implan dan lainnya. Alat kontrasepsi dapat diakses di fasilitas pelayanan kesehatan, apotek yang dapat dibeli dengan resep dokter atau tanpa resep dokter.

Untuk remaja pendidikan kontrasepsi tidak hanya mengetahui tentang arti, kegunaan dan macamnya. Perlu remaja tahu, kontrasepsi merupakan bagian dari perencanaan keluarga setelah menikah. Perencanaan tersebut berkaitan dengan jumlah anak yang diinginkan dan disesuaikan dengan kondisi fisik, psikis, sosial dan ekonomi. Perencanaan tersebut bertujuan agar tidak terjadi Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD). Selain itu kontrasepsi digunakan untuk mencegah infeksi menular seksual yang bersumber dari hubungan seksual. Penggunaan kontrasepsi merupakan tindakan preventif dari beragam resiko seksual.

Pendidikan kontrasepsi dapat diperoleh melalui konseling, penyuluhan dan beragam metode lainnya. Peran orang tua, pendidik, petugas kesehatan, serta LSM dapat membantu menyampaiakan pendidikan kontrasepsi tersebut dengan baik dan benar. Tujuannya agar remaja dapat belajar, menggunakan dan mendapatkan pendidikan kontrasespi dengan efektif pada waktu yang tepat. Penyampaian pendidikan kontrasepsi juga mengacu pada aturan, norma dan etika yang berlaku di masyarakat.

 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja