Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Pentingnya Remaja Merencanakan Masa Depan

Selasa,23 2018 oleh Ulil Afidah


perencanaan masa depan

Pentingnya Remaja Merencanakan Masa Depan Halo Guys!, kalian tau gak sih seberapa bermaknanya masa remaja ?, beberapa dari kalian pasti sudah punya jawaban masing-masing, ada yang menjawab masa remaja adalah masa yang paling menyenangkan, ada pula yang menganggap masa remaja adalah masa yang sungguh membingungkan.

Remaja sebagai salah satu aset bangsa diharapkan mampu menjadi investasi di masa depan. Ternyata tidak hanya sebagai investasi aja guys, remaja juga diminta untuk menyadari perannya sebagai agent of change ditengah-tengah permasalahan yang timbul di panggung masyarakat luas.

Di masa yang penuh dengan kebimbangan mencari jati diri, remaja dihadapi oleh tantangan zaman yang sangat deras. Tak dipungkiri arus globalisasi yang kian hebat, sehingga kemampuan memfilter setiap nilai-nilai yang masuk namun tidak sesuai dengan ideologi bangsa harus kita tingkatkan. Seperti halnya budaya bergaul yang semakin bebas tak beraturan. Remaja harus menyadari akan perannya, sehingga mereka bisa lebih berhati-hati saat mengambil keputusan dalam melakukan suatu tindakan.

Tidak jarang remaja yang masih bingung untuk merencanakan hidupnya, bahkan juga ada yang merasa masih “bias” tentang tujuan hidupnya. Nah, apa kalian termasuk salah satunya?. Menurut kalian guys, seberapa pentingnya merencanakan masa depan ?. Yuk kita bahas. Merencanakan masa depan adalah satu hal yang perlu difikirkan dan juga dirumuskan oleh remaja. Karena dalam sebuah perencanaan tersebut kita sebagai remaja bisa melihat jalan yang mesti kita tempuh untuk mencapai tujuan dan cita-cita kita. Tanpa perencanaan tentu kita akan kebingungan, kita juga jadi sulit menilai sudah seberapa jauh langkah kita dan sudah di posisi mana kita saat ini.

Hal yang perlu ditetapkan dalam merencanakan masa depan yaitu pertama, tetapkan tujuan hidup. Apa tujuan hidup kalian, cita-cita apa saja kah yang ingin kalian capai selama hidup. Tetapkan pula satu tujuan hidup tertinggi yang bisa menjadi acuan dari tujuan-tujuan yang lainnya.

Kedua, tentukan langkah untuk mencapainya. Bagaimana cara kalian mencapainya, strategi apakah yang akan kalian gunakan, jangan lupa siapkan pilihan langkah a, b, c dan seterusnya. Agar kita tidak hanya berpacu pada satu cara saja. Seperti kata pepatah “Ada seribu jalan menuju Roma”, kita tidak boleh berpacu hanya pada satu cara, jika gagal harus coba cara yang lain. Ketiga, sebaiknya kita meyakini cita-cita kita, juga memberi tahu kepada orangtua kita dan orang-orang terdekat kita, agar mereka senantiasa membantu dalam mengingatkan dan mendukung cita-cita kita.

Perencanaan hidup di masa depan memang tidak sederhana, pun sebaiknya kita merencanakan hingga di fase berkeluarga atau saat setelah menikah. Hal demikian sebagai gambaran untuk remaja di masa sekarang, sehingga persiapan dalam menuju ke tujuan tersebut bisa lebih matang dan terencana dengan baik. Hasil yang baik juga ditentukan dengan persiapan yang baik dan matang, serta pengetahuan untuk mencapai cita-cita kita. Selamat merencanakan kawan-kawan!








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja