Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Kini Saatnya Perbedaan Menyatukan Kita

Sabtu,27 2018 oleh Ulil Afidah


 Kini Saatnya Perbedaan Menyatukan Kita

Hi guys, belakangan ini atmosfer negeri kita sedang dipenuhi dengan isu-isu yang cukup sensitif, apalagi kita mesti sadar nih, sebentar lagi pemilu 2019. Banyak sekali perubahan sosial yang secara otomatis mempengaruhi dinamika sosial, contoh sederhananya obrolan kita dengan teman kita yang mungkin lebih cenderung mengenai politik atau isu agama yang lagi memanas pasca pembakaran bendera beberapa hari lalu.

Kita tidak bisa menafikan perubahan-perubahan sosial yang terjadi di dunia nyata. Tidak terkecuali perubahan yang secara langsung kita alami sebagai akibat tatanan dan perilaku sosial yang kita tanam atau yang kita ikuti, serta yang ada di sekitar kita. Misalnya, pergaulan kita dengan teman kita yang berangkat dari berbagai suku, ras, agama yang membuat kita kadang merasa “melongo” ketika dihadapkan dengan perbedaan itu.

Kita bisa ambil contoh apabila kita sedang bertemu teman baru yang berasal dari suku Batak, ternyata suka Batak membuat seorang individu tumbuh dengan nada bicara yang tinggi dan terkesan seperti marah-marah. Bagi orang dengan suku Jawa, nada bicara suku Batak itu membuat bulu kuduk berdiri semua, karena budaya suku Jawa mengajarkan bicara dengan nada suara yang tidak setinggi suku Batak yang sangat terkesan marah-marah.

Perbedaan kecil dari contoh suku di atas bisa kita jadikan pelajaran, bahwa perbedaan suku tidak kemudian membuat kita memiliki pandangan negatif terhadap seseorang. Kita harus memahami bahwa Indonesia tidak hanya tanah yang sedang kita pijak saat ini, Indonesia sangatlah luas yang dianugerahi banyak perbedaan dari bahasa, suku, agama, warna kulit, budaya, bahkan hingga perbedaan pendapat. Nah, pasti kita tidak jarang kan bertemu orang-orang dengan berbagai pendapat yang seringkali tidak sesuai dengan apa yang kita fikirkan, atau bahkan sangat berbeda 360 derajat. Lalu bagaimana seharusnya kita menyikapi ?

Kita harus menyadari terlebih dahulu bahwa perbedaan dan keberagaman adalah anugerah. Setiap anugerah yang hadir di dunia ini pasti akan membawa kebaikan dan memberi pelajaran jika kita bersedia untuk lebih berlapang dada. Ketika kita dihadapkan oleh perbedaan pendapat yang seringkali membuat kita geram.

  • Pertama yang tidak boleh kita lakukan adalah marah. Tidak marah merupakan satu langkah pertama kita menghargai perbedaan tersebut.
  • Kedua, kita tidak boleh menganggap bahwa pendapat kitalah yang paling benar dan pendapat lain yang salah. Sebab, barangkali kita hanya melihat suatu kasus dari satu sudut pandang saja, sehingga kita seolah menutup sudut pandang yang lain.
  • Ketiga, kita harus mencoba menghargai perbedaan dengan memberikan kesempatan orang lain untuk menjelaskan alasannya. Walaupun di akhir nanti kita tidak mendapatkan titik temu, bukan berarti pertemanan menjadi “bubrah”, karena yakinilah pertemanan tidak sebercanda itu (cieileh).

Jadi guys, kita harus terus dan tetap menghargai segala perbedaan sekecil apapun itu ya!.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja