Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Jika Aku Telat Haid atau Menstruasi, Apa Aku Hamil?

Senin,05 November 2018 oleh Dwi Lestari


Aku Telat Haid atau Menstruasi, Apa aku hamil?

Hallo teman-teman,

Haid atau menstruasi adalah satu paket takdir dari seorang perempuan. Kita pun akan mengalami mentrusasi, hamil, melahirkan, nifas, dan menyusui. Ini adalah satu paket lengkap sebagai perempuan, dan kemungkinan besar kita akan mengalami itu.

Saat perempuan telah memasuki masa pubertas, maka dia pun akan mengalami tahap awal sebagai perempuan berdasarkan takdir biologisnya. Dia akan menstruasi. Mentruasi normalnya terjadi sebulan sekali. Rata-rata normalnya akan memiliki siklus kurang sekitar 28 hari. Karena setiap perempuan memiliki tubuh, dan gen yang berbeda-beda maka siklus menstruasi itu pun setiap perempuan tidak sama. Begitu pun dengan darah yang di keluarkan saat mengalami menstruasi. Rata-rata sekitar 10mL-80mL darah per hari yang akan dikeluarkan saat menstruasi.

Masa menstruasi pun cukup bervariasi disetiap perempuan, rata-rata sekitar 2-15 hari. Lagi-lagi karena setiap perempuan itu memiliki kemampuan “fiologis” yang berbeda. Jadi setiap perempuan pun dalam mengalami menstruasi yang berbeda-beda. Beda rasa sakitnya, beda seberapa darah yang dikeluarkan, beda siklus masa menstruasinya, beda juga berapa lamanya mengalami menstruasi.

Lalu kalau ada seorang perempuan sudah pubertas, biasanya menstruasi, lantas tiba-tiba telat menstruasi 2-3 bulan, apakah hamil? Tentu tidak semua telah haid adalah tanda kehamilan. Terutama saat kita memang secara sadar kita tidak pernah melakukan hubungan seksual dengan lelaki manapun. Tentu tidak akan hamil ya. Namun, kalau merasa pernah melakukan hubungan seksual dengan lelaki, tentu hal ini bisa jadi sebagai tanda kehamilan.

Namun untuk lebih jelasnya kenapa perempuan bisa menstruasi tidak lancar, tidak tepat waktu sesuai hitungan siklus, atau berbagai masalah yang kita alami tentang menstruasi. Kita bisa menanyakan hal-hal itu ke dokter terdekat atau bisa chat langsung ke dokter dan psikolog dunia remaja. Kalian juga bisa datang ke pukesmas-pukesmas terdekat, untuk melakukan pemeriksaan.

Saat kita mengalami telat menstruasi, atau menstruasi tidak tepat waktu sesuai siklus, alangkah baiknya kita segera memeriksakan hal itu dokter umum, lantas minta rujukan ke dokter kandungan ya teman-teman. Agar masalah kita segera tertangani dengan tepat.

Tubuh perempuan rentan sakit, karena memiliki beban “fisiologis” yang cukup tinggi. Perempuan harus menstruasi, hamil, melahirkan, nifas, menyusui, sehingga kemungkinan peluang untuk sakit itu lebih besar ketimbang laki-laki.

Saat kita mengalami, merasa diri, tubuh kita mengalami gelaja yang aneh. Seperti menstruasi tidak tepat waktu, menstruasi sakit, mengeluarkan banyak darah, lebih baiknya segera memeriksakannya, dengan begitu, maka sakit yang kita alami segera ditangani untuk dicarikan solusi yang terbaik untuk tubuh kita.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja