Berita



Home / Aku tahu / Journalis Remaja
5 Tips untuk kamu yang sedang alami “Mood Swing” saat menstruasi

Sabtu,24 November 2018 oleh Isnaeni Nur Fatima


pic/knowyourmeme.com

Pernahkah kalian pernah merasa tiba-tiba mood berubah? dari seneng tiba-tiba marah bahkan nangis tanpa alasan. Inilah yang terjadi pada setiap perempuan saat menstruasi. Selain itu perempuan bisa sangat sensitif dan mudah mengkhawatirkan segala sesuatu. Kebanyakan perempuan itu sadar kalau sedang menstruasi namun secara spontan tetap bisa berubah emosinya. Biasanya mereka akan bilang “maklum lagi menstruasi” sebagai senjatanya. Walaupun sadar dengan perubahan emosi yang tidak karuan, hal itu tetap akan sulit dihindari oleh perempuan. Kondisi Inilah yang disebut mood swing.

Mood yang berubah mendadak saat haid secara ilmiah disebabkan karena tidak seimbangnya hormon estrogen sepanjang siklus menstruasi. Selain itu ada rasa tidak nyaman yang dialami seorang perempuan pada dirinya. Karena merasa risih dengan pembalut yang dipakai, mudah lelah, dan nyeri tidak karuan yang menjadikan emosi yang mudah berubah.

Lantas untuk kalian yang sedang pada fase ini apa yang perlu dilakukan? Karena sebenarnya sadar bahwa sedang menstruasi namun mood swing tetap bisa secara spontan terjadi.

  • Pertama, kalian mesti tahu dan sadar kalau sedang dalam situasi mood swing dengan jadikan diri serileks ataupun senyaman mungkin. Hal ini bisa dilakukan dengan menarik nafas dan membuangnya perlahan, melakukan gerakan yoga, dan aturlah dirimu sendiri senyaman mungkin.
  • Kedua, Membiasakan diri berolahraga agar menurunkan nyeri yang berlebihan, seiring dengan menurunya nyeri haid mood swing pun perlahan bias dikendalikan.
  • Ketiga, Hindari hal-hal yang membuat kita stress atau hal-hal yang menyebabkan emosi cepat berubah baik sedih ataupun senang.
  • Keempat, Kita juga bisa mengalihkan perhatian kita dengan memperbanyak ngemil dengan makanan yang sehat agar badan tidak kekurangan energi serta perbanyak minum air putih.
  • Kelima, beristirahatlah, baik sekedar duduk, berbaring ataupun tidur karena ini dapat melegakan bagian tubuh yang merasa nyeri. Bila diperlukan konsumsi pereda nyeri haid dengan dosis yang tepat.

Meskipun seluruh tips tersebut dilakukan, belum tentu emosi kita akan stabil atau terhindar dari rasa nyeri. Namun setidaknya kita bisa memberikan ruang pada diri sendiri atas siklus yang istimewa itu tadi.

Selamat mencoba








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2014 Developed by dunia remaja