Berita



Home / Aku tahu / Reportase
Waspadai Tindak Kekerasan dalam Pacaran

Rabu,19 Desember 2018 oleh Ulil Afidah


Waspadai Tindak Kekerasan dalam Pacaran

Remaja kini sudah tidak asing dengan kata pacaran. Makna pacaran bisa diartikan sebagai suatu upaya untuk mengenal satu sama lain dalam bentuk komitmen bersama, yang selanjutnya akan sampai di jenjang yang lebih jauh yaitu pernikahan.

Pacaran kini menjadi suatu hal yang biasa di kalangan remaja, mereka yang memutuskan untuk berpacaran mau tidak mau dihadapkan pada situasi yang menuntut bisa menyesuaikan diri, bukan hanya pada dirinya sendiri, tapi juga pada pasangannya.

Tidak jarang pula pacaran menimbulkan kasus kekerasan yang dilakukan oleh salah satu pihak atau kedua belah pihak, walaupun biasanya dilakukan oleh laki-laki tak menutup kemungkinan perempuan juga bisa menjadi pelaku. Banyak remaja yang tidak mengetahui sebelumnya tentang resiko berpacaran, serta bentuk tindak kekerasan semacam apasaja yang bisa dia alami.

Informasi yang hadir di internet khususnya sosial media seharusnya bisa meningkatkan wawasan remaja bahwa setiap keputusan yang mereka ambil pasti memiliki resiko, termasuk memutuskan untuk berpacaran.

Tindak Kekerasan dalam Pacaran yang terjadi dewasa masih sering terjadi, kebanyakan dari mereka yang menjadi korban adalah remaja perempuan. Kasus yang sering terjadi seperti kehamilan yang tidak diinginkan dan sampai padakasus pembunuhan.

Bentuk Kekerasan yang terjadi biasanya ada beberapa jenis, misalnya kekerasan fisik, psikologis, ekonomi, dan seksual. Kekerasan fisik misalnya, memukul, menendang, mencubit.

Kekerasan psikologis misalnya pemaksaan, perlakuan kasar, cemburu yang berlebihan, dikhianati, dibihongi, menuntut yang berlebih hingga menimbulkan tekanan. Kekerasan ekonomi misalnya, menghabiskan uang salah satu pasangan, menuntut untuk dibelikan barang-barang kebutuhan. Sedangkan kekerasan seksual yaitu pasangan yang memaksa pasangannya untuk melakukan hubungan seksual, higga tindak pemerkosaan dan lain hal sebagainya.

Kini saatnya remaja harus paham sebelum memutuskan untuk pacaran. Jika pilihannya memang pacaran, maka remaja harus waspada ketika dihadapkan pada situasi yang sulit. Jangan takut jika harus mengambil keputusan untuk putus dengan pacar jika memang pacaran yang sedang dijalani tidak sehat. Sebab, pacar belum tentu menjadi jodoh, barangkali pacarmu sekarang adalah jodoh orang lain di masa depan, yang perlu diunderline adalah masa depan kalian jauh lebih berharga!

 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja