Berita



Home / Aku tahu / Reportase
Makna Kerelawanan dan Kepuasan Batin Seorang Relawan

Kamis,20 Desember 2018 oleh Isnaeni Nur Fatima


Makna Kerelawanan dan Kepuasan Batin Seorang Relawan

Tak asingkan dengan istilah relawan. Kalian sering dengar relawan kemanusiaan, relawan medis, relawan keagamaan, relawan pengajar, relawan LSM, relawan lingkungan bahkan relawan event. Tentunya kalau disebutkan tidak ada habisnya terkait macam-macam relawan.

Perhelatan akbar sekelas ASIAN GAMES, Piala dunia pun tidak lepas kesuksesannya dari campur tangan relawan. Dalam KBBI relawan berarti sukarelawan atau seseorang yang membantu dengan sukarela suatu lembaga atau organisasi tanpa imbalan.

Sebenarnya relawan bukan berarti tidak mendapat imbalan sedikit pun. Dalam beberapa hal relawan juga mendapatkan akses makanan, transportasi dan akomodasi hanya untuk tenaga yang ia berikan namun tidak mendapatkan imbalan berupa materi. Hal yang paling utama diperoleh relawan adanya sebuah pengalaman dan kepuasan tersendiri.

Kepuasan karena telah membantu banyak orang. Melihat anak-anak tersenyum pada saat mengajar. Bahagia melihat pohon tumbuh hijau dan rindang yang sangat bermanfaat di masa depan. Bahagia menemukan korban dari bencana. Itu semua tidak terbayarkan oleh materi. Inilah yang membuat kebanyakan orang tergerak hatinya untuk menjadi relawan walau dimedan yang sangat sulit sekali pun.

Menjadi relawan tak lepas pula dari istilah panggilan jiwa. Di pelosok daerah yang terpencil, zona perang, wilayah konflik, wilayah rawan bencana sekalipun akan tetap seorang relawan terjang.

Sebagai contoh relawan pengajar yang berarti seorang relawan tersebut akan menjadi guru untuk suatu wilayah yang sulit untuk mendapatkan akses pendidikan. Pada umumnya lokasi telah di tentukan pada titik mana saja seorang relawan akan ditempatkan seperti di Papua, Nusa Tenggara Tmur, Mentawai, Maluku, Kalimantan, Sulawesi.

Karena semangat mengajar ini menjadikan relawan pengajar tetap semangat untuk mencerdaskan penerus bangsa di daerah pelosok. Jangan ditanya dapat gaji berapa karena tentu tidak ada upah. Setidaknya mereka mendapatkan jatah untuk kehidupan sehari-hari di lokasi yang ditempatkan. Namun memang ada relawan yang tidak mendapatkan kompensasi sedikitpun selain pengalaman dan kepuasaan.

Panggilan jiwa menjadi relawan tak sepenuhnya mendapatkan dukungan dari keluarga. Sudah menjadi hal biasa di kalangan relawan bahwa keluarga menentang, pergolakan-pergolakan dari orangtua.

Tak jarang relawan penggiat HAM dari LSM tidak berterus terang bahwa dirinya menjadi relawan. Alasannya pun secara umum sama yang dikatakan orangtua, tak memiliki masa depan. Bukan berarti pula seorang relawan itu seorang pembangkang ya. Ini hanya masalah pola pikir saja yang berbeda.

Memang kalau diukur dari segi financial seorang relawan akan sulit mandiri secara keuangan bila tidak membagi waktu dengan bekerja. Menjadi relawan pun sebenarnya juga menjadikan profil diri lebih matang. Terbiasa berada dimana saja, berkumpul dengan banyak kalangan, mudah beradaptasi, memberikan kontribusi dengan ide-ide baru, itu semua menjadi portofolio yang penting. Memang butuh waktu dan tidak instan untuk bisa mapan.

Kebanyakan para relawan bisa menjadi peneliti, penulis, politikus, pejabat, atau pekerjaan lainnya yang sesuai dengan jiwa mereka. Pada akhirnya orangtua juga akan merasa bangga.

Pada zaman yang semakin maju dan berkembang relawan menjadi hal yang penting. PBB sendiri pun menyadari hal tersebut karena relawan membantu dalam proyek kemanusiaan, penjaga perdamaian, terlibat dalam proyek pembangunan.

Orang-orang dari negara maju dan berkembang pun sama-sama berkesempatan untuk mejadi relawan. Bahkan seorang relawan yang profesional pun bisa menjadi relawan di lingkup internasional yang membantu permasalahan di negara lain.

PBB memperingati Hari Relawan pada 5 Desember sebagai ungkapan pentingnya menjadi seorang relawan dan mengatasi segala permasalahan kemanusiaan yang ada di dunia. Jadi, siapkah kalian berkontibusi menjadi relawan?

 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja