Berita



Home / Aku tahu / Reportase
Merencanakan Resolusi Untuk Tahun Baru

Minggu,30 Desember 2018 oleh Isnaeni Nur Fatima


Merencanakan Resolusi Untuk Tahun Baru

Sudah di penghujung tahun nih. Kira-kira apa saja yang sudah dilakukan teman-teman satu tahun terakhir ini ya. Mungkin dari kalian punya pencapaian diri misalnya tahun ini membaca 50 buku, mendapatkan nilai raport di atas 90, traveling ke lokasi tertentu, bisa di terima di sekolah impian, bekerja sesuai dengan cita-cita dan masih banyak lagi.

Diluaran sana ada pula pencapaian dari beberapa orang, misalkan pasangan suami isteri yang ingin memiliki rumah baru, kelompok persahabatan yang bisa membuat usaha baru, perusahaan yang lebih sukses lagi dari sebelumnya atau kelompok organisasi yang menjalankan program kerjanya.

Nah, biasanya di akhir tahun identik dengan evaluasi diri, bahkan evaluasi tim atas apa saja yang telah dilakukan, setelah melakukan evaluasi langkah selanjutnya untuk membuat perencanaan terkait pencapaian di tahun selanjutnya.

Resolusi sendiri bisa diartikan kita berjanji untuk melakukan perbaikan diri. Untuk memperbaiki diri lebih baik tidak ada salahnya pula mengingat apa saja hal yang telah kita capai dan belum tercapai.

Lalu teman-teman bisa membuat catatan kecil terkait apa saja yang tercapai di tahun sebelumnya atau bisa mencatat kesalahan yang kita perbaiki lagi ke depannya.

Setelah itu teman-teman bisa mengukur kembali sesuai dengan kemampuan apa yang akan dilaksanakan selanjutnya, apakah melanjutkan mimpi yang belum terwujud atau mengubahnya lagi. Dengan begitu itu teman-teman bisa menentukan daftar resolusi di tahun 2019 mendatang.

Ada beberapa point penting terkait resolusi. Karena resolusi berarti upaya untuk melakukan perbaikan diri, bukan berarti bila apa yang di resolusikan di awal tidak tercapai itu gagal. Bisa saja kita sudah benar-benar berusaha, belajar, dan berdo’a agar dapat terlaksana, namun hasilnya belum sesuai yang diinginkan.

Bisa pula kita sedang berproses menggapai keinginan tersebut, karena ternyata waktu satu tahun untuk menggapai cita-cita tersebut masih kurang, sehingga harus menunggu waktu di tahun selanjutnya. Karena masih berproses jadikan selalu sebagai motivasi, jangan berkecil hati ataupun menyerah.

Jangan pula menyalahkan diri sendiri apabila resolusi belum terwujud. Bila orang lain sudah lebih sukses jadikan motivasi untuk selalu berkembang dengan tidak terlarut dalam membandingkan diri sendiri dan orang lain.

Jadi ini sudah di penghujung tahun. Mulailah evaluasi pencapaian dalam setahun ini, lalu buatlah resolusi barumu. Ajak dirimu sendiri itulah yang terpenting, karena mulai dari sendiri semua mimpi itu bisa terwujud. Kamu punya kesempatan untuk lebih baik lagi. So, apa resolusimu ?








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja