Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Apakah Air Ludah Menularkan Virus HIV?

Senin,31 Desember 2018 oleh Dwi Lestari


 Apakah Air Ludah Menularkan Virus HIV?

Hi guys, kamu pernah mendengar informasi tentang virus HIV (Human Immunodeficiency Virus) bisa ditularkan dengan air ludah gak?. Usut punya usut pertanyaan tentang “virus HIV bisa ditularkan dengan air ludah gak?.” Ini seringkali dipertanyakan dalam diskusi-diskusi tentang HIV.

Hal seperti ini cukup dimaklumi guys, karena orang awam, atau seseorang yang bukan petugas kesehatan, atau ahli dibidang pervirusan, atau penyakit AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) tentu tidak banyak pengetahuan tentang hal yang demikian. Harap dimaklumi kalau orang-orang yang demikian merasakan keresahan yang luar biasa saat mendengar HIV.

Sebagai manusia biasa tentu merasa takut dengan virus HIV, adalah hal yang wajar. Karena virus HIV adalah virus yang turut serta menyubangkan banyak kematian di dunia. Berdasarkan WHO. Walau pun tidak menjadi penyumbang utama, namun HIV juga terut serta penyumbang terbanyak.

Sehingga mengetahui lebih dalam tentang apa itu virus HIV, bagaimana virus HIV berkembang, dan bisa menular pada orang lain, itu adalah tindakan terbaik, untuk kita bisa mencegah virus itu menyebar semakin luas.

HIV sendiri singkatan dari Human Immunodeficiency Virus, ya guys. HIV itu virus. HIV itu virus yang menyerang kekebalan tubuh. Terutama sel darah putih, tepatnya sel T. Fungsi sel darah putih dalam tubuh manusia adalah untuk menjaga kekebalan tubuh. Sel inilah yang bisa membunuh segala virus, bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh.

Saat sel darah putih tidak mampu mencegah perkembangan virus HIV. Maka virus HIV akan semakin berkembang di tubuh manusia. Tubuh pun akan mudah sakit. Karena sel darah putih yang harusnya mampu membunuh virus, bakteri jahat. Saat tubuh terinfeksi virus HIV, sel darah putih (sel T) tidak berfungsi seperti biasanya. Sehingga kekebalan tubuh mulai menurun dan tubuh pun akan mudah sakit.

Virus HIV hidup di dalam cairan tubuh manusia ya guys. Artinya saat seseorang terinfeksi virus HIV, maka cairan yang ada di dalam tubuhnya mengandung HIV.

Jadi jangan kaget dan heran, kalau seringkali dalam diskusi-diskusi akan dijelaskan, bahwa virus HIV akan menular melalui hubungan seksual dan lain sebagainya. Karena virus HIV hanya bisa menular dengan media perantara cairan tubuh.

Terutama cairan darah, cairan vagina, cairan sperma, ASI. Lalu bagaimana dengan cairan air ludah, air mata, dan keringat, apakah cairan itu juga bisa menjadi media perantara penularan virus HIV?.

Jawabanya adalah air ludah, air mata dan keringat bagian dari cairan tubuh. Sehingga air ludah, air mata, dan keringat itu pun mengandung virus HIV. Ini benar.

Namun yang harus digaris bawahi atau di bolt adalah, cairan air ludah, air mata, dan keringat tidak mampu menularkan virus HIV, Jika jumlah cairan yang masuk kedalam tubuh hanya sedikit.

Artinya Mungkin air ludah, air mata dan keringat bisa menularkan virus HIV, jika cairan itu sebanyak puluhan liter, atau 1 galon ya guys. Dengan begitu, virus itu baru bisa menular.

Untuk lebih jelasnya bagaimana virus HIV berkembang, menular, dan bagaimana pencegahanya. Kamu bisa hubungi kami melalui media yang telah tersedia. Bisa melalui line, whatsapp dan link yang telah disediakan guys.

Selain menanyakan tentang HIV, kamu juga bisa melakukan konseling berbagai hal dengan konselor dan dokter secara online disana. Konseling yang dilakukan tidak dipungut biaya, gratis ya guys.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja