Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Mengapa Remaja Perempuan Lebih Berisiko Terkena Anemia

Senin,17 Desember 2018 oleh Dunia Remaja


 mengapa remaja perempuan lebih berisiko anemia

Hai Sobat Remaja, Pada postingan sebelumnya tentang kita telah membahas tentang siapa saja yang beresiko Anemia, penjelasan sebelumnya mengungkapkan bahwa remaja perempuan lebih rentan mengalami anemia. Lantas kenapa bisa begitu? yuk cari tau mengapa remaja perempuan lebih berisiko.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa mendasari mengapa remaja perempuan lebih berisiko.

  1. Remaja perempuan yang memasuki masa pubertas mengalami pertumbuhan pesat sehingga kebutuhan zat besi juga meningkatkan untuk meningkatkan pertumbuhan.
  2. Remaja Perempuan pada masa pubertas sangat berisiko mengalami anemia gizi besi. Hal ini disebabkan banyaknya zat besi yang hilang selama menstruasi. Selain itu diperburuk dengan kurangnya asupan zat besi, dimana zat besi pada remaja perempuan sangat dibutuhkan tubuh untuk percepatan pertumbuhan dan perkembangan.
  3. Remaja perempuan mengalami menstruasi sehingga kehilangan darah setiap bulan sehingga membutuhkan zat besi dua kali lipat. Terlebih lagi jika mengalami gangguan menstruasi seperti menstruasi yang lebih panjang dari biasanya atau darah menstruasi yang keluar lebih banyak dari biasanya.
  4. Remaja perempuan seringkali melakukan diet yang keliru yang bertujuan untuk menurunkan berat badan, diataranya megurangi asupan protenin hewan yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan hemoglobin.

Apabila seseorang mengalami anemia, daya tahan tubuh akan menurun sehingga penderita anemia akan udah terkena penyakit infeksi.

Kebugaran tubuh akan menurun sehingga ketangkasan berpikir pun ikut mnurun karena kurangnya oksigen ke sel otot dan sel otak. Dampak anemia juga bisa murunkan prestasi belajar dan produkstifitas kerja / kinerja.

Selain itu dampak anemia akan dirasakan saat remaja perempuan nantinya menjadi calon ibu. Jika kondisi anemia tersebut berlangsung terus menerus, maka akan menurunkan kualitas kesehatan saat menjadi calon ibu.

Remaja perempuan yang sehat dan tidak anemia akan tumbuh berkembang menjadi calon ibu yang sehat dan melahirkan bayi sehat, semikian juga sebaliknya.

 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja