Berita



Home / Aku tahu / Kabar Remaja
Kamu Laki-laki? Pernah Diminta Membelikan Pembalut?

Jumat,25 Januari 2019 oleh Dwi Lestari


Kamu Laki-laki? Pernah Diminta Membelikan Pembalut?

Menstruasi, haid atau datang bulan adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi.

Untuk itu menstruasi hanya akan terjadi pada perempuan dan Laki-laki tidak mengalami menstruasi. Kebiasaan membeda-bedakan kamu merasakan, aku tidak merasakan. Hal-hal demikianlah yang seringkali membuat kita tidak peduli dengan orang-orang sekitar kita. Hanya karena dia yang mengalaminya. Aku tidak mengalami hal itu. Begitu pun dengan menstruasi.

Laki-laki dan perempuan adalah satu kesatuan makhluk Tuhan yang hidup di masyarakat. Sehingga dalam kehidupannya dapat dipastikan tidak akan bisa dilepaskan satu sama lain. Keduanya akan saling membutuhkan. Saling membantu satu sama lain dalam berbagai hal. Begitu pun saat perempuan menstruasi, laki-laki pun harusnya memiliki andil dalam masa menstruasi perempuan. Kenapa demikian? Karena keduanya adalah makhluk sosial.

Dimana letak andilnya laki-laki dalam masa menstruasi perempuan? yaitu pada saat perempuan menstruasi laki-laki dapat memberikan pertolongan pertama, misalnya dengan membelikan pembalut. Ini mungkin sesuatu yang remeh temeh, namun itu akan sangat membantu perempuan saat menstruasi. Terutama saat perempuan tersebut mengalami menstruasi tanpa dugaan. Tanpa persiapan apapun.

Walau mungkin hal tersebut cukup sulit dilakukan laki-laki. Karena dalam sosial budaya masyarakat, laki-laki datang ke toko membeli pembalut perempuan itu masih dianggap sesuatu yang aneh. Sehingga keadaan ini belum menjadi sesuatu yang biasa di masyarakat. Sekali pun alasannya adalah rasa kemanusiaa, bentuk tanggungjawab sebagai anggota masyarakat yang harus saling membantu. Namun hal itu sepertinya belum cukup bisa melunturkan stigma, bahwa laki-laki membeli pembalut perempuan adalah sesuatu yang aneh, dan tidak wajar.

Walau pun secara logika, laki-laki yang membantu membelikan perempuan menstruasi pembalut tidak akan mengurangi kadar kelaki-lakianya. Bahkan laki-laki yang bisa membantu membelikan pembalut dan kebutuhan perempuan menstruasi lainnya adalah hal yang baik. dan itu sangat berarti sekali untuk perempuan. Lalu pertanyaanya, sudahkah kamu memiliki nyali membantu membelikan pembalut untuk perempuan yang tengah menstruasi gaes?.








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja