Berita



Home / Aku tahu / Reportase
Pacaran Aman & Jauh dari KTD

Rabu,27 Juli 2016 oleh Arel




Gaes tau ga ternyata jaman sekarang itu emang dah parah banget ya, pacaran yang akhirnya berakibat pada sebuah kehamilan. Ya, kita wajib amit - amit buat yang satu ini karena benteng terakhir untuk yang satu ini sebenarnya iman dan kamu wajib presistence buat mempertahankannya. Sebelum itu semua terjadi, ada baiknya kita intip dulu yuk informasi singkat yang udah Tim Dunia Remaja kumpulkan bedasarkan info akurat dari Kak Mezzayu Luna Pramatarindya, Direktur PKBI Sleman, Jogja.

 
Menurutnya, istilah KTD juga bisa diartikan sebagai Kehamilan Tidak Dikehendaki (Unintended Pregnancy). Kehamilan yang tidak dikehendaki ini merupakan kehamilan yang terjadi baik karena alasan waktu yang tidak tepat (mistimed) atau karena kehamilan tersebut memang tidak diinginkan (unwanted). Nah, buat yang pacaran, KTD ini bisa dibilang musibah yang sangat besar yang bakal menjadi "Valak" didalam 2 keluarga yang berbeda.
 
 
Alasan KTD sih bisa macem - macem, biasanya sih si korban belum memiliki ikatan sah menurut norma-norma yang ada (baik norma agama maupun norma hukum yang berlaku), serta secara psikis belum siap menerima kehamilan yang dialaminya. Kejadian semacam ini sering kita dengar atau jumpai baik di kalangan Mahasiwi atau kalangan Pelajar sekolah.
 
 
Pada kasus remaja seperti kalian Gaes, secara umum si korban minim informasi, masih banyak mitos seksual yang beredar di kalangan remaja, informasi yang disebarkan media cenderung permisif, dan kurang proporsional dalam menjelaskan tema seksual didalam masyarakat. Resiko yang diambil oleh korban pun cukup memprihatinkan ya, seperti beban berat yang harus menghadapi bahwa dirinya mengalami kehamilan sebelum waktunya. Bagaimana ia harus berusaha menyembunyikan kehamilannya dari orang lain, belum lagi ketika nanti bayinya telah lahir, akan menjadi beban baru baginya.


 
Nah buat yang gak pengin kejadian kayak gini, sangat diperlukan adanya suatu kontrol diri dari remaja, dengan memunculkan self esteem dalam dirinya, melatih asertif terhadap apa yang diinginkan serta membekali diri dengan kemampuan komunikasi. Ingat, pesen Tim pun juga harus perlu diperhatikan, Jangan Melampaui Batas Ya hehe.







Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja