Berita



Home / Aku tahu / Journalis Remaja
SADARI Remaja: Deteksi Mudah Kanker Payudara

Jumat,09 2015 oleh Jati Setya


Girls, tahukah kamu bahwa dari beberapa macam kanker yang mendera kaum perempuan, kanker payudara menjadi salah satu dengan angka kejadian tertinggi daripada kanker yang lain? Hingga kini, kanker payudara memang menjadi salah satu momok yang ditakuti, dibuktikan dengan angka kejadian kematiannya yang cukup tinggi.
Oleh karenanya, banyak pakar kesehatan menyerukan SADARI (periksa payudara sendiri) sebagai salah satu media alternatif pendeteksiannya. Meski faktor risiko terjadinya kanker ini adalah usia di atas 40 tahun, SADARI sangat dianjurkan dilakukan sejak remaja lho.
SADARI bisa dilakukan dengan melihat perubahan di hadapan cermin dan melihat perubahan bentuk payudara dengan cara berbaring. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dengan melihat perubahan di hadapan cermin dan melihat perubahan di hadapan cermin dan melihat perubahan payudara dengan cara berbaring.

Berikut langkah-langkahnya:
1.    Melihat Perubahan Di Hadapan Cermin
Lihat pada cermin, bentuk dan keseimbangan bentuk payudara (simetris atau tidak). Cara melakukannya:
a.    Tahap 1
 
Melihat perubahan bentuk dan besarnya payudara, perubahan puting susu, serta kulit payudara di depan kaca. Sambil berdiri tegak depan cermin, posisi kedua lengan lurus ke bawah di samping badan.
b.    Tahap 2
 
Periksa payudara dengan tangan diangkat di atas kepala. Dengan maksud untuk melihat retraksi kulit atau perlekatan tumor terhadap otot atau fascia dibawahnya.
c.    Tahap 3
 
Berdiri tegak di depan cermin dengan tangan disamping kanan dan kiri. Miringkan badan ke kanan dan kiri unuk melihat perubahan pada payudara.
d.    Tahap 4
 
Menegangkan otot-otot bagian dada dengan berkacak pinggang/ tangan menekan pinggul dimaksudkan untuk menegangkan otot di daerah axilla.
2.    Melihat Perubahan Bentuk Payudara Dengan Berbaring.
a.    Tahap Persiapan
 
Dimulai dari payudara kanan. Baring menghadap ke kiri dengan membengkokkan kedua lutut. Letakkan bantal atau handuk mandi yang telah dilipat di bawah bahu sebelah kanan untuk menaikan bagian yang akan diperiksa. Kemudian letakkan tangan kanan di bawah kepala. Gunakan tangan kiri untuk memeriksa payudara kanan. Gunakan telapak jari-jari untuk memeriksa sembarang benjolan atau penebalan. Periksa payudara kamu dengan menggunakan Vertical Strip dan Circular.
b.    Pemeriksaan Payudara dengan Vertical Strip
 
Memeriksa seluruh bagian payudara dengan cara vertical, dari tulang selangka di bagian atas ke bra-line di bagian bawah, dan garis tengah antara kedua payudara ke garis tengah bagian ketiak. Gunakan tangan kiri untuk mengawali pijatan pada ketiak. Kemudian putar dan tekan kuat untuk merasakan benjolan. Gerakkan tangan perlahan-lahan ke bawah bra line dengan putaran ringan dan tekan kuat di setiap tempat. Di bagian bawah bra line, bergerak kurang lebih 2 cm ke kiri dan terus ke arah atas menuju tulang selangka dengan memutar dan menekan. Bergeraklah ke atas dan ke bawah mengikuti pijatan dan meliputi seluruh bagian yang ditunjuk.
c.    Pemeriksaan Payudara dengan Cara Memutar.
 
Berawal dari bagian atas payudara, buat putaran yang besar. Bergeraklah sekeliling payudara dengan memperhatikan benjolan yang luar biasa. Buatlah sekurang-kurangnya tiga putaran kecil sampai ke puting payudara. Lakukan sebanyak 2 kali. Sekali dengan tekanan ringan dan sekali dengan tekanan kuat. Jangan lupa periksa bagian bawah areola mammae.
d.    Pemeriksaan Cairan Di Puting Payudara.
 
Menggunakan kedua tangan, kemudian tekan payudara  untuk melihat adanya cairan abnormal dari puting payudara.
e.    Memeriksa Ketiak
 
Letakkan tangan kanan ke samping dan rasakan ketiak dengan teliti, apakah teraba benjolan abnormal atau tidak.
Gimana Girls? Mudah bukan? Jadi kalau ditemukan benjolan yang sekiranya mencurigakan, segera ke bidan atau dokter terdekat ya. Tambahan, jangan lupa bahwa SADARI ini sebaiknya dilakukan antara 7-10 hari setelah haid. Pemeriksaan SADARI ini dilakukan rutin tiap 1 bulan sekali, ya!

*Sumber gambar: lusa.web.id
 








Peta Layanan
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Audio Visual
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi
Alat Test
Menu ini berisi tentang materi utama tentang kesehatan seksual dan reproduksi yang dapat dijadikan rujukan bagi




Jangan lupa follow kami ya...






Didukung Oleh :
Copyright Dunia Remaja © 2019 Developed by dunia remaja